tanaman-hias-indoor

10 Tanaman Hias Indoor Ini Akan Percantik Ruanganmu

Percantik ruangan dengan tanaman hias indoor

Tren dekorasi ruangan dengan meletakkan tanaman hias indoor semakin berkembang. Selain menjadi ‘focal point’ yang mempercantik interior rumah, ada banyak alasan mengapa tanaman merupakan salah satu komponen penting dalam desain interior. Hijaunya tanaman akan memberi kenyamanan serta kesegaran pikiran. Cerahnya warna-warni bunga turut menceriakan suasana dalam ruangan. Oksigen yang dihasilkan tentunya menyehatkan. Bahkan, beberapa jenis tanaman memiliki kemampuan untuk menetralkan racun yang ada di ruangan. Adanya tanaman hias di dalam ruangan juga dapat memberikan inspirasi tersendiri, terutama jika diletakkan di tempat yang sering digunakan untuk kerja.

Inspirasi tanaman hias untuk dekorasi rumah sangat beragam, antara lain tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman gantung, hingga tanaman hias dalam pot. Begitu pula dengan ukurannya, ada yang besar dan ada yang kecil. Tanpa harus membutuhkan banyak tempat, berikut adalah 10 tanaman hias indoor yang akan mempercantik ruanganmu.

1. Aglaonema

aglaonema
Source: Google

Aglaonema memiliki nama lain chinese evergreen atau sering juga disebut tanaman sri rejeki. Tanaman hias daun ini identik dengan bentuk dan corak daun yang khas. Tanaman hias ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena perawatannya yang relatif mudah dan memiliki daun bercorak indah. Aglaonema banyak digunakan sebagai tanaman hias untuk dekorasi ruangan dalam rumah. Tanaman hias indoor ini sering terlihat di daerah perkantoran karena tergolong awet perawatannya apabila diletakkan di dalam ruanang ber-AC. Selain itu, Aglaonema memiliki manfaat untuk menyerap racun yang ada di dalam ruangan.

2. Anggrek

anggrek
Source: Google

Bunga yang cantik ini selalu menjadi favorit pecinta tanaman hias karena anggrek dapat membantu menetralisir ruangan dengan membersihkan udara. Terlebih lagi, anggrek mengeluarkan oksigen yang tentunya akan membuat ruangan menjadi sejuk. Maka tidak heran jika banyak yang menjadikan anggrek sebagai tanaman hias pelengkap dekorasi ruangan. Kamu tinggal menempatkan anggrek di pot, dan bunga cantik ni akan menjadi pelengkap aksesoris rumah baik untuk interior kamar tidur hingga ruang keluarga.

3. Bunga Lily

bunga-lily
Source: Google

Dengan warna daun hijau tua mengkilat dan bunga putih yang mekar, bunga lily ini relatif populer dan banyak disukai orang untuk dekorasi ruangan. Tanaman dengan tampilan bunga yang cantik dapat menggugah mood dan dijamin akan membuat harimu lebih menyenangkan. Tanaman hias bunga ini juga dapat menghilangkan racun berbahaya dan bahan kimia di dalam ruangan. Bunga lily sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah cocok diletakkan di kamar dan dihadapkan pada arah datangnya sinar matahari. Posisi terbaik untuk meletakkan tanaman hias bunga ini adalah di tepi jendela.

Baca juga: Tips Ruang Kerja Agar Lebih Semangat “Work From Home”

4. Kaktus

kaktus
Source: Google

Kaktus dapat dengan mudah ditemukan dimana saja dengan jenis, bentuk, ukuran, dan warna yang bervariasi. Tanaman hias indoor untuk dekorasi ruangan yang sangat populer dan sering digunakan saat ini adalah kaktus. Tanaman khas gurun pasir ini merupakan tanaman favorit untuk menghias ruangan karena perawatannya yang sangat mudah. Kamu tinggal menyediakan pot dan kaktus dapat bertahan walaupun dengan pencahayaan yang minim dan jarang disiram. Kamu pun bebas untuk meletakkan kaktus dimana saja sesuai keinginanmu, baik itu di kamar, ruang kerja, bahkan ruang tamu.

5. Karet Kebo

karet-kebo
Source: Google

Karet kebo memiliki daun berwarna hijau gelap, tebal, dan licin. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias dekorasi interior untuk menghijaukan ruangan. Untuk merawat karet kebo, perlu penyiraman yang rutin untuk menjaga kelembaban tanah. Daun karet kebo juga perlu dilap agar tidak tampak kusam dan berdebu.

6. Lidah Mertua

lidah-mertua
Source: Google

Tanaman hias yang memiliki nama latin Sansevieria Trifasciata Laurentii ini dapat bertahan di tempat yang kurang pencahayaan dan air. Bentuknya yang mudah dikenali: kaku, tegak, dan daun yang tumbuh vertikal, cocok diletakkan di kamar mandi atau ruang tamu sebagai pelengkap dekorasi dalam ruangan rumah, apartemen, atau kos dengan perawatan yang cukup simple. Selain itu, lidah mertua dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih segar.

7. Monstera Deliciosa

monstera-deliciosa
Source: Google

Tanaman hias ini memiliki ciri khas daun berwarna hijau tua, mengkilap, lebar, dan bentuknya yang unik, yaitu aksen lubang pada helai daun yang menjari. Selain mempercantik interior ruangan dengan kesan tropis, Monstera Deliciosa juga dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan serta relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Tanaman hias ini tahan ditempatkan di ruangan yang minim dan hanya perlu disiram ketika 2-5 cm kedalaman tanah terasa kering saat disentuh.

Baca juga: Cari Tahu Yuk Warna Cat Dinding Sesuai Zodiak Kamu!

8. Palem

palem
Source: Google

Hampir semua jenis palem dapat digunakan sebagai pelengkap dekorasi ruangan karena tumbuhnya tegak dan tampilan daunnya yang cantik. Tanaman hias ini juga baik dalam menyerap polutan dan merupakan pembersih udara alami. Namun demikian, palem membutuhkan sedikit perhatian lebih karena harus disiram secara teratur.

9. Spider Plant

spider-plant
Source: Google

Tanaman jenis rumput-rumputan ini identik dengan daun yang banyak, ramping, dan panjang menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Spider plant memiliki masa hidup yang cukup lama, pertumbuhan yang baik dengan pencahayaan matahari tidak langsung, dan daya serap yang tinggi terhadap racun sehingga cocok menjadi pelengkap desain interior. Hal ini menjadikannya favorit sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah.

10. Sirih Gading

sirih-gading
Source: Google

Sirih gading atau Devil’s Ivy termasuk tanaman rambat yang unik dengan daun berbentuk hati, berwarna hijau tua dengan corak kuning gading. Sirih gading banyak dipilih untuk tanaman hias untuk dekorasi ruangan karena tanaman ini mudah perawatannya dan dapat menyerap berbagai polutan di udara . Tanaman dapat bertahan hidup pada suhu dingin dan sedikit cahaya matahari.

Itu dia 10 tanaman hias indoor yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik ruanganmu. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di toko tanaman hias, lho. Selamat bereksplorasi!

1 thought on “10 Tanaman Hias Indoor Ini Akan Percantik Ruanganmu”

  1. Pingback: 5 Prinsip Desain Interior Eco Friendly Hemat Budget | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *