bumbu-dapur-hacks

3 Bumbu Dapur Hacks Bisa Jadi Auto Koki

Indonesia terkenal sama masakannya yang kaya rempah. Rempah tersebutlah yang membuat masakan Indonesia berbeda dari masakan negara lain. Rempah-rempah yang dimaksud disini adalah bumbu dapur yang digunakan untuk menghasilkan masakan. Bumbu dapur ada lebih dari 50 jenis dan pastinya bikin bingung kegunaan dan fungsinya dalam makanan. Berikut adalah 3 Bumbu Dapur Hacks yang dapat membantu kamu jadi koki dadakan.

1. Penggunaan Jeruk Limau dan Jeruk Nipis dalam Masakan

Mari kita bahas dari penampilan kedua jeruk ini. Jujur Seminimal juga awalnya gak begitu mengerti gimana membedakan kedua jeruk ini dan sering salah sebut. Baiklah coba kita bandingkan kedua jeruk ini.

jeruk-nipis-bumbu-dapur-hacks
Jeruk Nipis
jeruk-limau
Jeruk Limau

Bentuk Kulitnya dan Diameter

Jeruk limau memiliki jenis kulit yang lebih kasar dan bergelombang. Bentuk asli jeruk limau pun lebih kecil daripada jeruk nipis. Diameter jeruk limau sebesar 2,5 centimeter, sedangkan jeruk nipis memiliki diameter 2 kali lipat lebih besar sekitar 5 centimeter.

Warna kulit jeruk nipis mulai dari hijau sampai hijau kekuningan. Jeruk limau memiliki warna hijau yang lebih tua.

Bentuk Biji

Jeruk limau memiliki biji yang cukup besar untuk seukuran 2,5 centimeter, sedangkan jeruk nipis memiliki biji yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jeruk limau. Jeruk limau memiliki jumlah biji yang lebih banyak dibandingkan jeruk nipis.

Rasa

Jeruk nipis memiliki rasa asam, pahit sedikit, dan ada sekilas sensasi segar atau rasa dingin. Jeruk limau memiliki rasa lebih asam dan kecut tetapi aromanya segar.

Penggunaan dalam Masakan

Jeruk limau biasanya digunakan dalam campuran sambal dan bumbu kacang pada somay, batagor, dan gado-gado. Jeruk nipis biasanya digunakan dalam membuat daging lebih empuk dan menghilangkan rasa amis pada daging mentah. Jeruk nipis juga digunakan dalam masakan yang rasa asamnya dominan seperti Tom Yam.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Ini adalah bumbu dasar hampir setiap masakan Indonesia. Kalau kata nyokap, masakan yang gak ada bawang itu gak wangi. Jadi kebayang dongg, fungsinya untuk memberikan wangi yang sedap. Bentuk dan warna kedua bawang ini pasti sudah kamu tau persis membedakannya seperti apa. Oleh karena itu kita langsung membahas penggunaannya pada masakan yaa.

bumbu-dapur-hacks
Bumbu Dapur

Bawang Merah dan Bawang Putih

Penggunaan Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan sebagai bumbu tumis awal nasi goreng, sayuran cah, sambal bawang atau sambal mentah agar tidak langu. Pengolahannya bisa dengan digeprek, dicincang, atau diiris tipis-tipis. Menggeprek dan mencincang bawang dapat menonjolkan aroma dan rasa dari bumbu masakan.

Bawang putih biasanya digunakan dalam masakan Chinese. Masakan Medan banyak menggunakan bumbu bawang putih saja. Rasanya tidak kalah enak dengan bawang merah.

Kedua bawang dapat digunakan menjadi taburan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Bawang merah diiris tipis-tipis dan bawang putih dicincang halus.

Baca juga: 6 Tips Betah Dirumah Buat Si Ekstrovert

3. Cabai Besar, Rawit dan Keriting

Ayo angkat tangan penyuka cabe! Pastinya gak ada cabe hidup jadi hampa. Nah daripada susah nyari sambel yang enak, kamu juga bisa bikin sendiri lhoo. Tapi sebelum bikin, sebaiknya cari dulu cabai yang cocok sesuai selera kepedesan kamu nih.

cabai-merah
Cabai Merah

Tekstur dan Penampilan

Cabai merah besar memiliki kulit yang halus, ada yang bentuknya meruncing dan membulat. Kulitnya tebal dibandingkan dengan cabai rawit dan keriting. Ada yang berwarna merah dan hijau.

Cabai rawit memiliki bentuk kecil, seperti pepatah kecil-kecil cabai rawit. Warna cabai rawit ini hijau jika masih muda dan berubah menjadi merah kejinggaan kalau sudah matang.

Cabai keriting bentuknya kurus dan keriting. Ada yang Panjang ada juga yang pendek pendek. Cabai ini sering digunakan dalam masakan padang.

Hirarki Kepedasan

Dari tingkat kepedasan terendah adalah cabai merah dan hijau besar. Tingkat kepedasan sedang adalah cabai keriting karena ukurannya lebih kecil dan kadar airnya lebih rendah. Cabai yang paling pedas adalah cabai rawit yang sudah berwarna merah atau jingga kekuningan.


Wah kalau ngomongin bumbu masakan memang gak ada habisnya ya. Itu dulu 3 bumbu dapur hacks yang bikin kamu jadi auto koki. Kamu bisa mendownload pdf Pedoman Praktis 50 Bumbu Masakan Sebelum Ketemu Calon Mertua di bawah ini. Semoga bermanfaaat dan bagikan ke teman atau saudaramu yang lagi belajar masak ya 😊

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *