5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Jepang

Desain rumah-rumah Jepang pada umumnya adalah menjaga keseimbangan antara nilai-nilai tradisional dalam mengatur ruang dan inovasi arsitektur yang dinamis melalui permainan material, pencahayaan, ruang dan bentuk. Desain rumah minimalis Jepang menggunakan konsep “micro living”. Micro Living adalah konsep hunian yang mengembangkan kesesuaian ruang dan aktivitas di lingkungan perkotaan dengan layout yang nyaman dalam space yang kecil.

Lingkungan pemukiman perkotaan yang padat dengan lalu lintas pejalan kaki yang padat dan lahan sempit di Jepang memunculkan beberapa inspirasi desain rumah minimalis yang menarik. Inspirasi tersebut dikemas dengan penghematan ruang dan privasi yang terjaga. Jendela yang ditempatkan secara strategis, dinding melengkung, dan panel tembus cahaya adalah beberapa trik inovatif yang diprioritaskan untuk memaksimalkan sinar matahari dan pandangan langit yang jernih, menjaga privasi, dan memanfaatkan setiap ruang yang tersedia.

Mengenal Inspirasi Rumah Minimalis Jepang

Dengan mengenal gaya rumah minimalis di Jepang, kamu akan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana menjalani rutinitas sehari-hari di rumah dan mencari tahu bagaimana penduduk perkotaan menggunakan ruang yang mereka miliki. Berikut adalah beberapa konsep dalam menciptkana rumah minimalis Jepang dari segi estetika, fungsi, atau suasana.

1. Konsep Zen Pada Rumah Minimalis Jepang

Tradisi ribuan tahun telah memengaruhi arsitektur rumah dan desain interior Jepang sehingga menciptakan lingkungan yang tenang dan bernilai budaya tinggi.

Sumber : Pinterest

Konsep Zen ini dicapai melalui pendekatan desain yang bertujuan ramah dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar, sehingga bangunan, furnitur, dan lingkungan menjadi bagian dari komposisi yang terintegrasi dan saling terkait. Dalam perkembangannya, desain rumah Jepang juga sering dikaitkan dengan arsitektur organik, yang merupakan filosofi arsitektur yang menekankan harmoni antara perumahan dan alam.

Terdapat 5 elemen penting dalam konsep Zen yaitu garis, bentuk, ruang, cahaya dan material 5 elemen tersebut adalah beberapa elemen penting yang merupakan inti dari desain estetika yang sangat populer ini.

2. Efesiensi Ruang

Gaya rumah Jepang sangat menjunjung tinggi efisiensi. Salah satunya adalah cara untuk memanfaatkan setiap ruang yang tersedia.

Sumber : Nimvo

Dalam menciptakan desain minimalis jepang, efesiensi ruang perlu untuk sangat menonjol dalam prinsip desain rumah Jepang minimalis. Efesiensi ruang ini bertujuan ntuk memaksimalkan pencahayaan ke dalam ruangan. Jendela besar yang luas dan juga panel langit-langit seperti skylight adalah cara yang sempurna untuk mengaplikasikan desain ini ke rumah kamu.

3. Smart Furniture

Furnitur merupakan elemen yang penting dalam inspirasi desain minimalis jepang dalam menampilkan keindahan material dan memantulkan cahaya alami.

Sumber : Pinterest

Banyak desain rumah jepang yang tidak memisahkan ruangan dengan furnitur untuk keperluan tertentu seperti ruang duduk atau ruang TV, kamu bisa meniru kesederhanaan arsitektur rumah Jepang dengan menggunakan konsep Zen minimalis yang berfokus pada penciptaan ruang. Seperti furniture yang langsung ditempatkan di atas lantai atau lesehan, seperti penggunaan bantal lantai dan sofa lantai sebagai pengganti kursi atau sofa biasa.

4. Fokus pada privasi

Sumber : Pinterest

Salah satu konsep yang diperjuangkan oleh arsitek Jepang yaitu privasi. Banyak pemukiman di Jepang yang menekankan konsep privasi.  Material yang paling umum digunakan untuk dinding rumah Jepang adalah beton blok, baik di kota maupun desa, namun beberapa rumah besar banyak menggunakan dinding batu dengan perpaduan pagar kayu.

Baca juga: 6 Ide Desain Ruang Untuk Kamu Yang Introvert!

5. Alam dan Ruang

Alam dan Ruang adalah nilai dalam budaya Jepang sebagai bentuk kecintaan dan penghargaan terhadap alam. Memasukkan unsur alam dan ruang seperti penggunaan air merupakan salah satu elemen paling kuat untuk menonjolkan ciri khas arsitektur rumah minimalisJepang. Salah satu contoh dalam menciptakan elemen alam ini yaitu kamu bisa menambahkan kolam ikan pada taman indoor.

Sumber : Trendir

Tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu juga bisa kamu tambahkan ke dalam rumah untuk memberi sedikit sentuhan budaya Jepang. Selain itu, kamu bisa juga menambahkan jenis tanaman hijau untuk menciptakan gaya serupa. Kamu juga perlu untuk pertimbangkan menambahkan tanaman ramping seperti anggrek atau apa pun jenis tanaman yang tetap mempertahankan prinsip sederhana, alami, dan hijau.

Baca juga : Hunian Modern di Tengah Hutan

Nah itu dia 5 Inspirasi tips untuk kamu untuk membuat kamar tidur minimalis yang nyaman. Kamu juga bisa menemukan banyak inspirasi desain lainnya yang telah dirangkum oleh Seminimal. Selamat bereksplorasi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *