Kamar-tidur-anak-seminimal

5 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak

Tips Kamar Tidur Anak Minimalis 2020

Bagaimana sih cara agar anak aman dan tenang berada di dalam kamar? Salah satunya dengan mendesain kamar tidur anak. Kamar anak juga perlu didesain agar anak nyaman dan aman beraktivitas di dalamnya. Desain pun bukan hanya dari segi tampian yang lucu dan menarik tapi juga desain yang nyaman untuk anak-anak menghabiskan banyak waktunya. Anak-anak pun dapat bermain, belajar, dan juga beristirahat dengan nyaman. Nah, seminimal ingin memberikan tips untuk kamu menciptakan untuk menata kamar anak agar terasa nyaman dan aman buat anak. Yuk simak tips ini

Selera Anak

kamar-tidur-anak-seminimal-1

Saat ingin membuat kamar tidur untuk anak pastikan kamu memilih tema desain yang disukai oleh anak kamu Kira-kira ide desain apa yang mereka sukai. Jika anak berada di tempat yang mereka sukai, tentu akan membuat mereka merasa senang beraktivitas di dalamnya. Kamu bisa memilih warna sesuai dengan warna kesukaannya. Biasanya untuk anak perempuan, ruangan dengan tema warna pink menjadi banyak pilihan dan untuk anak laki-laki biasanya lebih suka dengan tema warna yang netral.

Selain itu juga memilih tema yang sesuai dengan kemauan anak perlu untuk memperhatikan material yang digunakan. Kamu harus memastika material yang digunakan untuk mendekor kamar anak adalah material yang aman. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris-aksesoris di dinding untuk ruang belajar dengan memilih aksesoris yang aman dan mudah diganti.

Sirkulasi Udara

kamar-tidur-anak-seminimal-2
Sumber : Shutterstock

Anak-anak pada umumnya sangat gemar bermain dan berlari, khususnya untuk anak yang aktif. Ruang area untuk kamar anak sangat penting apakah luas atau sempit, pastikan kamu memberikan ruang sirkulasi yang cukup luas untuk aktivitas bermainnya. Jangan lupa memilih furniture yang aman, baik dari bentuk dan materialnya. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan sirkulasi udara pada kamar anak. Kamar anak yang Ideal dilengkapi dengan jendela dan ventilasi yang menjamin terjadi sirkulasi udara di dalam kamar. Kamu juga bisa melengkapi kamar anak dengan exhaust fan maupun pendingin ruangan untuk menjaga kenyamanan kamar anak sehingga kelembapan udara kamar tetap nyaman untuk dihuni oleh sang buah hati.

Baca juga: 6 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis

Tempat Tidur Anak

kamar-tidur-anak-seminimal-3
Sumber : Shutterstock

Hal utama dalam memberikan kenyamanan untuk anak dalam sebuah kamar tidur yaitu tempat tidur. Pastikan kamu memilih ukuran tempat tidur yang sesuai usianya ya. Perhatikan juga tinggi tempat tidur, jenis kasur, dan seprei. Sebisa mungkin kamu hindari penggunaan kasur kapuk karena berisiko banyak debu yang terperangkap dan dapat mengakibatkan iritasi kulit bagi anak. Jangan lupa untuk membersihkan kasur secara rutin untuk menghindari penyebab masalah kulit ya!

Pencahayaan

kamar-tidur-anak-seminimal-4
Sumber : Shutterstock

Pencahayaan dalam kamar penting karena bisa berpengaruh pada kesehatan mata anak. Bermain, belajar, dan istirahat dapat berlangsung di kamar anak berkat pencahayaan yang memadai. Selain lampu utama, sebaiknya kamu juga menyediakan lampu belajar untuk membantu penerangan di meja belajar. Lampu dengan dekorasi yang lucu juga berbentuk lucu bisa kamu tambahkan untuk memberikan suasana hangat dan ceria pada kamar anak. Lampu dekoratif tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai lampu tidur yang menemani si kecil sampai terlelap. Selain itu, pastikan kamu tidak mengabaikan sinar matahari ya. Karena pencahayaan alami juga tak kalah penting. Cahaya matahari akan membuat kamar anak jauh dari kesan lembap, kumuh dan memberi penerangan yang jauh lebih baik dari cahaya lampu saat pagi dan siang hari.

Dinding Kamar

kamar-tidur-anak-seminimal-5
Sumber : Shutterstock

Ada dua pilihan untuk menjadikan kamar anak terlihat begitu hidup yaitu melapisi dinding dengan cat atau wallpaper. Bila menggunakan cat, pastikan memilih material yang aman dan memilih cat yang mudah dibersihkan dari noda. Cat ini akan sangat mengurangi risiko kamar terlihat kotor akibat coretan anak ketika bermain dan belajar. Nah untuk memilih wallpaper, kamu bisa memilih tampilan wallpaper dengan gambar yang disukai anak.

Demikian 5 Tips mendesain kamar tidur untuk anak. Jangan lupa bahwa kamar tidur anak selain sebagai tempat untuk beristirahat juga sebagai ruang untuk berekspresi, belajar, membaca, dan bermain dengan temannya. Sehingga dalam mendesain kamar tidur anak ada baiknya melibatkan anak. Kamu juga bisa menemukan banyak inspirasi desain lainnya yang telah dirangkum oleh Seminimal. Selamat bereksplorasi!

1 thought on “5 Tips Desain Kamar Tidur Anak Minimalis”

  1. Pingback: 9 Langkah Cara Belanja di IKEA, Menyenangkan juga Efisien | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *