tips-gaya-eklektik

Tips Desain Interior Gaya Eklektik

Pilih Warna yang Sesuai

pilih-warna-yang-sesuai
Source: Decoratorist

Desain eklektik merupakan gaya yang mencampur berbagai macam unsur interior menjadi satu kesatuan yang harmonis. Karena itu menciptakan gaya eklektik bukanlah hal yang mudah. Tips yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu warna utama. Untuk memudahkan pemilihan pilihlah warna – warna yang netral. Sisanya tinggal mencocokan dengan palet warna utama.

Untuk dinding sebaiknya pilihlah warna yang simpel, karena dinding hanya akan menjadi backdrop yang membuat interiornya lebih stand out. Warna gelap memberikan kesan yang intrik, sedangkan warna gelap memberikan ketenangan, dan tembok yang tidak dicat memberikan unsur tekstur yang kuat. Jangan lupa untuk memikirkan pencahayaan alami dari ruang.

Gaya Eklektik Bermain dengan Corak

gaya-eklektik-bermain-dengan-corak
Source: Decorilla

Pakailah kain dan karpet yang memiliki corak untuk memberikan sentuhan jaman yang berbeda. Bentuk – bentuk geometris akan memberikan nilai estetika yang unik jika dipadukan dengan corak lainnya. Corak yang cerah dapat memberikan sentuhan keseruan dan kejutan pada ruang.

Dinding Gaya Galeri Eklektik

dinding-gaya-galeri-eklektik
Source: Irishtimes

Jika kamu menginginkan untuk membuka galeri, inilah saatnya. Pada dasarnya gaya eklektik sangat dekat dengan seni, dan campuran seni memberikan karakter dan cerita terhadap ruang tersebut. Karena itu di awal kita memilih tembok yang berwarna netral dan simpel untuk membaurkan percampuran tersebut. Tampilkan seni – seni yang unik dan menggambarkan kamu.

Gaya Eklektik Menyukai Tekstur

gaya-eklektik-menyukai-tekstur
Source: Bestdesignideas

Elemen utama dari gaya eklektik adalah kontras. Menggunakan tekstur yang berbeda pada interior dapat menciptakan kesan eklektik dengan mudah. Marmer, kulit, kayu atau baja dipadukan dengan kain yang lembut, karpet anyam atau bebatuan yang kasar dan bata akan menambahkan nilai estetika dari gaya eklektik. Kontras adalah hal yang harus diperhatikan oleh desainer interior jika ingin bermain dengan gaya ini.

Campurkan Perabot

campurkan-perabot
Source: Decorilla

Gaya eklektik adalah kesempatan untuk memamerkan perabot – perabot unik yang biasanya custom made atau dibuat oleh seniman. Ikutilah intuisi dan kata hatimu, jangan bermain aman mulailah untuk bereksperimen. Rumah eklektik biasanya membutuhkan waktu yang lama karena semua unsurnya biasanya didapatkan dari waktu dan tempat yang berbeda – beda. Bersabarlah dan jangan mudah menilai hanya dari sekali lihat.

Benda yang Memiliki Arti

benda-yang-memiliki-arti
Source: Decorilla

Setiap benda pasti memiliki ceritanya masing – masing, tetapi maksud dari tips yang ini adalah pikirkan pahatan, vas, lampu gantung, lampu meja, lampu berdiri. Pilihlah di antara benda – benda berikut dan berikan tempat spesial untuk menjadi daya tarik utama dan pusat perhatian dari sebuah ruang. Atau bisa juga buat koleksi benda – benda yang sangat berarti dan menjadi favoritmu lalu pajanglah.

Kurangi Benda – Benda Kecil

kurangi-benda-benda-kecil
Source: Homepolish

Maksud di sini bukan menghilangkan semua benda kecil, melainkan membatasi pemakaian benda – benda kecil yang kurang berguna. Less is still more, eklektik bukan berarti berantakan dan kacau. Justru bayangkan saja detail sebuah karya seni, tanyakan padamu akankah benda – benda kecil ini dapat menambah nilai estetika. Jika ya, tambahkan saja tetapi secukupnya dan harus menambah kesan eklektik, jika tidak janganlah dipajang.

Gaya eklektik bukanlah gaya yang bisa dipelajari semalaman saja karena itu butuh waktu, pengalaman dan indera desain yang terlatih dan terasah. Demikianlah tips – tips eklektik dari kami semoga bermanfaat bagi kamu. Teruslah berkarya dan bereksperimen. Salam seminimal.

Lanjut ke: 9 Kesalahan Saat Mendesain Ruang

1 thought on “Ini 7 Tips Desain Interior Gaya Eklektik yang Sedang Tren”

  1. Pingback: 9 Kesalahan Saat Mendesain Ruang | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *