8 Inspirasi Desain Dapur Minimalis, Sederhana, Elegan

Desain Dapur Minimalis

Bagi perempuan, kegiatan memasak adalah kegiatan mengekspresikan diri melalui membuat masakan yang disukai oleh orang-orang tersayang. Agar dapat membuat masakan yang lezat dan disukai, dapur merupakan sarana untuk mewujudkannya. Pernah gak sih merasa malas masak karena dapurnya lagi berantakan, atau mau masak pasta tapi lupa naruh saringan dimana? Desain dapur minimalis dan modern dapat menjadi inspirasi dan tempat yang nyaman dalam masak memasak.

Oleh karena itu letak furniture dan alat-alat memasak harus direncanakan sejak awal dalam membuat desain dapur. Bagaimana peralatan masak diletakan dan letak furniture sangat membantu dalam proses masak si koki, jadi lebih cepat dan efisien.

Kalau sudah tau pentingnya desain dapur, yuk intip seberapa modern dan minimalisnya desain ini biar jadi inspirasi kamu. Bisa bikin kamu betah di dapur, dijamin.

1. Kalau kamu punya jendela yang lebar, ini bisa jadi contoh model dekorasi yang dinamis

Desain-Dapur-Minimalis-Cahaya Alami-Melalui-Kaca
Desain Dapur Minimalis

Buat kamu yang morning person , desain ini cocok buat kamu. Waktu pagi-pagi kamu mulai beraktivitas, langsung diterangi sama pencahayaan alami. Apalagi depan halaman kamu ada kebun atau kolam, bisa bangkitin semangat pagi untuk berkreasi sambil masak siapin sarapan atau hanya sekedar nyeruput kopi.

2. Warna hitam menampilkan kesan elegan, ini contohnya

Desain-Dapur-Minimalis-Modern-Hitam-Elegan
Desain Dapur Minimalis Hitam Elegan

Bagi kamu yang menyukai warna gelap dan sederhana, beranikan diri kamu untuk mendekor dapur dengan warna hitam. Warna hitam membuat kesan elegan asalkan tetap memperhatikan sistem pencahayaan yang baik juga. Lantai kayu coklat berwarna pudar dapat dipakai untuk mencocokan dapurmu yang bertema warna hitam.

3. Warna putih bikin dapur berkesan simpel

Desain-Dapur-Minimalis-Modern-Putih
Desain Dapur Minimalis Putih Simpel

Penyuka warna putih juga bisa tetap berkreasi dengan paduan marble dan sedikit warna hitam. Tetapi kamu perlu ingat kalau warna putih memerlukan pemeliharaan khusus untuk tetap bersih dan terjaga keindahannya.

4. Ruang dapur yang terbatas bisa juga didesain secara menarik lho

Desain-Dapur-Minimalis-Rumah-Sederhana-Sempit-Apartemen
Desain Dapur Di Rumah dan Apartemen Terbatas

Rumah atau apartemen yang berukuran kecil juga bisa didesain dengan sederhana tanpa menghilangkan esesnsi dapur itu sendiri. Peralatan yang ada di dapur hanya yang bersifat perlu dan rutin digunakan. Jangan lupa untuk memberikan spacing atau jarak untuk membuka lemari kabinetnya ya.

5. Desain dapur minimalis yang memakai meja bar sebagai meja makan

Desain-Dapur-Minimalis-Meja-Bar
Desain Dapur Memakai Meja Bar

Meja makan sering kali menggunakan banyak ruang, hal ini bisa diakali dengan menggunakan meja bar yang tersambung dengan furniture kitchen set kita. Makan yang nyaman juga bisa berada di meja seukuran meja bar, serasa makan ala ala restoran.

6. Bingung taruh piring habis dicuci dimana, disini aja hemat tempat!

Tempat-Rak-Cuci-Piring-Hemat-Tempat
Rak Cuci Piring Praktis dan Minimalis

Rak piring setidaknya mengambil tempat lumayan besar di dapur kamu, padahal kalau kamu hanya memasak menu sederhana atau mencuci piring sehabis makan, kamu tidak memerlukan rak piring yang besar. Model rak piring seperti ini dapat menjadi pilihan, air cuciannya bisa langsung mengalir ke dalam bak cucian dan tidak menetes ke tempat lain.

7. Susun lemari kabinetmu dengan rapi

Lemari-Kabinet-Dapur-Minimalis-Organisir
Lemari Kabinet Dapur Rapi

Kalau model lemari kabinet dulu kita sering merasa kesulitan saat mencari peralatan masak atau makan, contohnya saat ingin mencari sumpit atau sendok makan kue, biasanya barangnya terselip-selip dan kita harus membongkarnya agar ketemu. Kadang, karena susah nyarinya jadi kita anggap hilang dan beli yang baru. Nah makanya, lemari kabinet sekarang menyesuaikan memberikan pembatas-pembatas untuk menghindari hal-hal seperti itu dan menjaga kerapihan letak peralatan dapur. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana meletakan pembatas di lemari kabinet yang berada di bawah tempat cuci piring yang ada pipa saluran air. Kotak tempel di pintu lemari bisa menjadi solusi bagi kalian. Ingat untuk menyesuaikan isi di dalam lemarinya juga yaa jadi bisa tertutup dengan rapat.

8. Ambil bumbu jadi lebih mudah.

Tempat-Bumbu-Dapur
Contoh Pengaturan Bumbu Masak

Kalau yang satu ini adalah pengalaman pribadi, pas masak nasi goreng mencari botol lada kecil dengan buru-buru, akhirnya ambil lah salah satu botol kecil yang tutupnya merah juga. Pas dituang ke kuali, lah bumbunya warna putih, postitif thinking mungkin lada putih, pas dilihat labelnya ternyata baking soda. Nasi goreng campur baking soda dikit deh jadinya. Kalian pastinya gak mau kan kejadian itu terjadi sama kamu, makanya peletakan bumbu dapur itu penting. Selain peletakan yang rapi, kalian bisa menambahkan label untuk setiap bumbu masakan kamu. Jadi kalau masak pas lagi buru-buru sekalipun, kamu bisa tetep ngambil bumbunya bener dan enak! Oh iya kamu juga ingat untuk menutup kembali bumbu-bumbu yang kamu udah buka biar tetep awet ya.

Selain bumbu dapur, kamu pun bisa mengorganisir bahan makanan kering atau mentahnya, seperti pasta fettucini, makaroni, kopi, chocolate chips, hingga kacang.

Sekian dulu 8 inspirasi desain dapur minimalis, sederhana dan elegan. Jika artikel ini menginspirasi, yuk share ke temen-temen kamu yang lagi butuh inspirasi untuk desain dapur mereka.

3 thoughts on “8 Inspirasi Desain Dapur Minimalis, Sederhana, Elegan”

  1. Pingback: Yuk Intip 10 Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis Yang Nyaman | Seminimal

  2. Pingback: 9 Langkah Cara Belanja di IKEA, Menyenangkan juga Efisien | Seminimal

  3. Pingback: 21 Foto Salah Desain, Dari Lucu Sampai Miris | Seminimal %

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *