inpirasi-gaya-industrial

Gaya Interior Industrial

Apa itu Gaya Industrial?

apa-itu-gaya-industrial
Source: Pinterest

Gaya industrial merupakan perpaduan antara gaya modern dengan gaya era industrial. Pada dasarnya gaya industrial itu mengambil inspirasi dari struktur – struktur industri misalnya pabrik, gudang, kontainer dsb. Unsur yang paling menandakan industrial adalah penggunaan batu bata, logam, kayu, dan benda – benda yang didaur ulang. Keuntungan gaya ini kamu bisa menciptakan gaya yang unik dengan menggunakan benda – benda yang di daur ulang.

Apa yang Membuat Gaya Industrial Menarik?

apa-yang-membuat-gaya-industrial-menarik
Source: Pinterest

Desain industrial sangatlah fleksibel. Sebagian besar terdiri dari warna netral dan material yang berfokus pada tekstur yang unik, gaya desain ini mudah dilakukan terhadap pencahayaan, dekorasi, dan furnitur. Terlepas dari kesederhanaannya dan desain yang minimal, gaya industrial berhasil menciptakan pernyataan yang berani. Selain itu, pendekatan ramah lingkungan untuk desain interior karena mendorong penggunaan bahan daur ulang.

Karakter Utama Gaya Industrial

karakter-utama-gaya-industrial
Source: Pinterest

Material – hindari menggunakan kain mewah untuk dipasangkan dengan furnitur gaya industri. Tetaou, pilihlah material utilitarian serta sumber perabot yang bisa kamu berikan untuk kehidupan kedua. Jelajahi toko barang antik lokal untuk furnitur yang terbuat dari kayu, aluminium, besi, baja, timah, batu, dan tembaga karena ini merupakan bahan baku untuk rumah bergaya industri yang wajib. Dan pastikan untuk memanfaatkan elemen logam dan lantai kayu, permukaan counter berlapis batu, dan balok baja terlihat.

Warna – gunakanlah warna – warna netral seperti abu – abu, hitam dan putih dan berikan sentuhan warna yang lebih gelap. Jangan lupa untuk menambahkan karakter ruangan dengan seni yang berwarna cerah untuk memberikan kontras terhadap warna – warna yang maskulin.

Bentuk – gaya industrial biasanya bermain dengan bentuk dengan garis – garis lurus untuk menunjang bentuk – bentuk struktural industri pada jamannya, kurangi bentuk lingkaran atau lekukan – lekukan gaya kontemporer untuk struktur.

Aksesori – batasi penggunaan aksesori untuk rumah bergaya industrial. Saat mendekorasi ruang bergaya industri, pastikan permukaan tidak berantakan dan bersih. Cari furnitur dan aksesori kamar tidur bergaya industri yang mengingatkan kembali pada masa industrial. Masukan seni dinding abstrak besar, struktur logam, dan benda-benda logam unik lainnya. Tampilan keseluruhan ruangmu harus terlihat sejuk dan maskulin.

Tips Memperoleh Gaya Industrial

tips-memperoleh-gaya-industrial
Source: Home-Designing
  • Mulailah dengan palet warna netral – corak tebal disimpan untuk detail kecil sementara sebagian besar ruang memancarkan warna netral. Gaya ini mengandalkan kombinasi warna-warna netral untuk menciptakan tampilan yang harmonis dan bersih. Untuk kamar mandi gaya industri, gunakan bata ekspos dan ubin putih.
  • Ruang terbuka – rumah bergaya industri biasanya luas dan open space. Untuk mencegah ruang terlihat sangat besar dan sulit untuk didekorasi, atur secara strategis furnitur gaya industri dalam pengelompokan untuk memecah ruang.
  • Kombinasikan kayu dan logam – cara mudah dalam menciptakan tampilan industri adalah mencampur bahan-bahan lama dan baru. Cara terbaik untuk mencapai kontras ini adalah dengan menggabungkan berbagai jenis logam dan kayu dalam desain keseluruhanmu. Misalnya, kamu dapat memiliki meja rias kayu antik dan cermin berbingkai baja di kamar mandi gaya industri.
  • Pastikan bahwa lampu sesuai tema – sebagian besar pencahayaan gaya industri terbuat dari logam dan sering kali terdiri dari kombinasi lampu ganting seperti di pabrik. Lampu lantai multi-arah juga dapat menampilkan baik di ruang tamu gaya industri.
  • Pertimbangkan lantai beton yang dipoles – meskipun lantai kayu merupakan bahan pokok gaya industri, beton yang dipoles adalah pilihan yang sangat modern dan murah.
  • Gunakan pipa yang terbuka – salah satu elemen utama dari ruang tamu gaya industri adalah adanya fitur yang cenderung disembunyikan oleh kebanyakan orang, misalnya saluran dan pipa. Tampilan ini biasanya umum di gudang.
  • Sertakan aksesori industri – kunci untuk mendapatkan tampilan industri adalah membuatnya terasa seperti kamu berada di dalam lingkungan pabrik yang glamor. Menggunakan aksesori adalah cara terbaik untuk melakukan ini. Hiasi dengan bagian-bagian pabrik dan mesin antik bersama dengan foto-foto vintage.
kamar-tidur-industrial
Source: One Kindesign

Demikianlah artikel mengenai gaya industrial semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi untukmu.

Lanjut ke: 10 Tren Desain Interior 2020, no 7 Wajib Dicoba!

1 thought on “Cara Menata Ruang dengan Gaya Industrial”

  1. Pingback: 10 Tren Desain Interior 2020, no 7 Wajib Dicoba! | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *