tipe-rumah-54

Kenali 7 Tipe Rumah di Indonesia Sebelum Membeli

Kalau kamu udah mau mulai bekeluarga atau sudah merencanakan untuk investasi jangka panjang seperti rumah, kamu mulai mempelajari rumah seperti apa yang cocok untuk ditinggali maupun sebagai investasi. Sebelum melangkah lebih jauh bertanya ke agen properti, apakah kamu sudah tau tipe rumah di Indonesia ada apa saja? Lebih baik kamu kenali tipe rumah terlebih dahulu. Kenapa? Karena nantinya agen properti akan menanyakan kamu ingin mencari tipe rumah seperti apa.

Tipe rumah yang ada di pasaran dibedakan berdasarkan ukuran luas bangunan, desainnya serta jenis bangunannya.

Kalau tipe rumah berdasarkan ukuran luas, gimana hubungannya? Jadi tipe rumah disebutkan Tipe 45, yaitu rumah itu sendiri memiliki luas 45 meter persegi. Lebar dan panjangnya bisa bervariasi antara ukuran 8×5,6 meter persegi atau 6×7,5 meter persegi. Yuk simak tipe rumah secara lengkap.

1. Tipe Rumah 21 / 24

tipe-rumah-21-24
Sumber: arcadiadesain


Tipe rumah 21/25 ini luas bangunannya yaitu 21 hingga 24 meter persegi. Ini merupakan tipe rumah paling kecil yang biasa dibangun oleh perusahaan pengembang perumahan. Biasanya dibangun pada kavling dengan variasi lebar 3 atau 4 meter dengan ukuran 3×7 atau 4×6 meter. Karena tipe rumah ini paling kecil, maka developer rumah membuat tipe ini dalam bentuk Cluster atau tanpa pagar, jadi lebih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan tanpa mengurangi estetika.

Rumahnya sendiri sederhana, mencakup satu ruangan inti, ruangan kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu sekaligus ruangan belajar atau kerja.

Tipe rumah seperti ini sering dijadikan investasi oleh sebagian orang dan ada juga yang menyewakannya karena bentuknya sederhana dan harganya tidak terlalu tinggi. Pasangan muda yang baru menikah bisa menjadikan tipe rumah ini menjadi rekomendasi pilihannya.

2. Tipe Rumah 36

tipe-rumah-36
Sumber: desainrumahkami


Tipe rumah yang lebih besar dari 21/24 adalah tipe rumah 36. Sebutan lain untuk tipe ini  adalah 36/60 atau 36/72. Angka 60 dan 72 menunjukkan luas tanah dari rumah. Tipe rumah ini selain paling banyak diminati, juga merupakan tipe rumah yang paling banyak dibangun oleh pengembang perumahan. Tipe rumah 36 biasanya dibangun dengan ukuran 6×6 meter persegi.

Rumah berukuran 36 ini biasanya mencakup dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu yang lebih luas.

Tipe rumah ini juga cocok untuk pasangan baru menikah ataupun keluarga kecil. Tipe rumah seperti ini sering dijual dengan timbal balik investasi yang lebih menguntungkan karena lebih mudah dijual kembali.

3. Tipe Rumah 45

tipe-rumah-45
Sumber: desainrumahnya

Tipe rumah 45 dibangun di atas tanah berukuran 96 meter persegi, Ukuran rumahnya bervariasi mulai dari 8×5,6 meter persegi atau 6×7,5 meter persegi.

Tipe rumah ini cocok untuk kamu yang memiliki keluarga kecil tapi ingin ruangan yang lebih leluasa. Ukuran 45 bisa menjadi alternatif subsitusi tipe rumah 36. 

Ruangan yang ada dalam tipe rumah 45 sama dengan ukuran 36 sebelumnya, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Masyarakat menengah banyak memilih tipe rumah seperti ini karena rumahnya lebih luas dibandingkan tipe 36.

4. Tipe Rumah 54

tipe-rumah-54
Sumber: jasagambarrumah

Segmen masyarakat menengah sampai menengah ke atas banyak yang memilih untuk tinggal di tipe rumah 54.  Ukuran rumah bervariasi antara 9×6 meter persegi atau 13,5×4 meter persegi.

Rumah tipe ini mencakup 2-3 kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, serta taman. Apabila dibangun dengan dua lantai, maka ruangannya bisa bertambah 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dengan ruang tamu atau ruang keluarga.

Rumah tipe ini cocok dengan jumlah anggota keluarga 4 orang atau lebih. Biasanya anggota keluarganya sudah remaja atau dewasa.

5. Tipe Rumah 60

tipe-rumah-60
Sumber: desainrumahnya

Tipe rumah 60 memiliki ukuran bangunan dengan variasi 6×10 meter persegi, 8×7 meter persegi atau 6×12 meter persegi. Luas bangunannya yang mencapai 60 meter persegi, tipe rumah ini merupakan tipe rumah besar yang lebih diperuntukkan masyarakat menengah ke atas.

Tipe rumah 60 mencakup 3-4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, garasi mobil, serta teras di depan dan belakang rumah yang lebih luas.

Baca juga: Ini 3 Kamar Tidur Tropikal Modern, Warnai Harimu

Tipe rumah ini bisa dikembangkan lagi untuk dibangun 2 lantai.

6. Tipe Rumah 70

tipe-rumah-70
Sumber: permatajingga


Tipe rumah selanjutnya lebih luas sedikit dibandingkan tipe 70. Ukurannya bervariasi yaitu 7×10 meter persegi atau 5×14 meter persegi. Walaupun hanya terpaut sedikit dari tipe 60, tipe rumah seperti ini ternyata banyak diincar oleh masyarakat kalangan atas.

Ruangan yang termasuk dalam tipe rumah 70 ini mirip dengan ruangan tipe 60, namun lebih luas pada ruang keluarga, ruang tamu atau dapur.

7. Tipe Rumah 120

Terakhir adalah tipe rumah yang masuk dalam kategori rumah mewah. Tipe rumah terbesar dari pilihan tipe rumah popular di Indonesia.

denah-rumah-ukuran-120
Sumber: fiverr


Ukuran bangunan juga memiliki variasi, yaitu 10×12 meter persegi atau 8×15 meter persegi. Biasanya tipe rumah 120 ini dibangun 2 lantai dan pemiliknya mendekor atau bebas membangun ulang untuk mengeksplorasi gaya arsitektur sesuai selera pribadinya.

Ruangan yang ada dalam rumah tipe 120 ini lebih bervariasi, 3-4 kamar tidur, 3 kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, taman yang lebih luas, serta garasi yang memadai untuk 2 mobil.

Tips Memilih Tipe Rumah

Wah bingung yaa memilih tipe rumah, ada yang bedanya sedikit dalam ukuran, dan kamu berpikir sebaiknya memilih tipe yang mana. Seminimal mencoba memberikan saran agar kamu mempertimbangkan kebutuhanmu kembali dan tujuan penggunaan rumah yang ingin kamu beli.

Kalau kamu hanya ingin membeli rumah sebagai investasi, maka tipe rumah yang kamu beli cukup dengan tipe rumah 21, 24 atau 36. Tidak perlu terlalu besar, karena mempertimbangkan lagi biaya bulanan dan PBB rumah yang dihitung berdasarkan luas rumah. Sayang kan, apabila membeli rumah yang terlalu besar dan belum laku-laku tapi kamu sudah ‘nombok’ untuk biaya bulanan dan PBBnya. Selain itu pertimbangkan juga faktor lokasi dan fasilitas yang disediakan oleh pengembang perumahan.

rumah-ala-norwegia
Sumber: dwell

Lain halnya apabila kamu ingin membeli rumah untuk ditinggali dengan keluarga kecil sampai keluarga besar. Jumlah kamar tidur yang tersedia menjadi pertimbangan utama dalam memilih tipe rumah yang sesuai. Tidak lupa juga mempertimbangkan apakah rumah tersebut dapat direnovasi ulang atau dikembangkan lagi menjadi dua lantai apabila jumlah keluarga sudah bertambah banyak atau anak sudah besar.

Demikian 7 tipe rumah di Indonesia. Kalau kamu sudah memutuskan dan menemukan tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu, boleh berikan komentar dibawah yaa.

Baca juga: 9 Langkah Cara Belanja di IKEA, Menyenangkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *