gaya-interior

Mengenal Gaya Interior Berdasarkan Kepribadian

Desain interior sesuai kepribadian

Penampilan selalu dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Sama seperti gaya berpakaian, pilihan desain interior rumah juga merupakan cerminan kepribadian dan karakter pemiliknya. Tentunya hal ini sangat dipengaruhi preferensi personal.

Terdapat banyak pilihan gaya yang dapat diaplikasikan untuk rumah dimana setiap gaya memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda-beda. Dengan memilih gaya yang sesuai kepribadian, kamu akan merasa lebih nyaman dalam berakticitas di rumah. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai gaya interior berdasarkan kepribadian.

1. Gaya Eklektik untuk yang Berjiwa Seni

Eklektik memadukan dasar unsur gaya historis dengan berbagai gaya lain untuk menciptakan sesuatu yang baru dan memberikan banyak inspirasi dengan kebebasan berekspresi. Dalam desain interior, elemen-elemen ini mencakup struktur bangunan, motif dekorasi, perabotan, motif budaya tradisional, ornamen sejarah, atau gaya dari negara lain. Gaya eklektik identik dengan adanya focal point yang eye catching, seperti aksen pada dinding atau ornamen dekorasi yang mencolok.

Gaya eklektik cocok untuk orang yang pemberani dan tidak suka mendekorasi rumahnya dengan satu jenis gaya tertentu. Selain itu, gaya ini juga bisa mengakomodasi kreativitas para pecinta seni. Dengan kejelian artistik yang tinggi, berbagai bentuk dan aksen dapat dikombinasikan dengan bebas untuk menciptakan interior yang otentik sesuai keinginan.

2. Gaya Industrial yang Apa Adanya

gaya-industrial
Source: Google

Gaya industrial identik dengan penggunaan material yang berbahan dasar metal dan dinding semen atau bata ekspos dengan lantai dasar biasanya menggunakan beton, semen, ataupun kayu. Karakteristik dari gaya ini adalah memberikan kesan unfinished pada ruangan.

Gaya industrial memberikan kesan apa adanya, santai, tetapi tetap artsy. Kesan unfinished dari penggunaan semen dan bata ekspos pada gaya ini mencerminkan kejujuran, sedangkan warna maskulin dan elemen metalik melambangkan ketegasan. Mereka yang menyukai gaya industrial adalah orang-orang yang biasanya hobi berkesenian. Mereka bisa bereksplorasi dengan memodifikasi suatu barang untuk difungsikan sebagai perabotan atau aksesoris yang menonjolkan keunikan gaya industrial.

3. Gaya Kontemporer untuk Si Open Minded

gaya-interior-kontemporer
Source: rooang.com

Gaya kontemporer mengacu pada serangkaian styling yang berkembang sejak pertengahan abad 20, dengan ciri-ciri interior yang didominasi fitur lebih lembut dan berlekuk, terutama jika dibandingkan pada interior modern yang cenderung bergaris tegas dan lugas. Pada umumnya, fokus interior kontemporer ada pada garis, bentuk, dan wujud yang sederhana.

Mereka yang menyukai gaya kontemporer biasanya memiliki kepribadian terbuka dan gaya hidup yang fleksibel. Penerapan open scace dan pemilihan dekorasi yang minimalis jugai unik akan memberikan kesan elegan, sederhana, tetapi tetap kekinian. Gaya ini memberi kesempatan untuk berksplorasi dengan pengaturan pencahayaan yang akan membuat rumah terasa lebih luas dan hangat.

Baca juga: Cari Tahu Yuk Warna Cat Dinding Sesuai Zodiak Kamu!

4. Gaya Interior Minimalis yang Cocok untuk Introvert

Gaya minimalis pada umumnya menyingkirkan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan sehingga hanya menyisakan elemen-elemen pentingnya saja. Gaya minimalis menitikberatkan pada sesuatu yang simpel dan garis-garis yang tegas, serta identik dengan ruangan yang terkesan luas dengan minimal furnitur dan juga detail. Elemen utama gaya ini adalah memperhatikan bentuk, warna dan juga tekstur.

Gaya minimalis tentunya cocok untuk para introvert dan mereka yang menyukai kepraktisan. Dengan prinsip “less is more”, gaya ini lekat dengan tampilan yang rapi dan sleek. Oleh karena itu, para golongan perfeksionis yang terobsesi dengan rumah bersih dan anti dengan tumpukan barang juga patut mengaplikasikan gaya ini untuk rumah.

5. Gaya Interior Skandinavia untuk Para Extrovert

desain-scandinavia
Source: Dekoruma

Gaya Skandinavia atau gaya Nordic sangat populer di beberapa negara di Eropa Timur seperti, Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia. Gaya ini terinspirasi dari cara orang-orang Nordic yang terkenal indah, sederhana, bersih, serta terinspirasi dari alam dan iklim Utara. Gaya ini banyak diterapkan karena fokus pada fungsionalitas, kesederhanaan, dan pemanfaatan tiap ruangan dengan tetap terlihat elegan dan indah. Pencahayaan yang baik merupakan elemen yang sangat penting pada gaya interior ini.

Mereka yang berjiwa sosial tinggi dan extrovert pasti menyukai gaya Skandinavia. Selain itu, gaya ini juga menampilkan kesan hangat sehingga cocok bagi yang sering mengundang teman atau kerabat untuk berkumpul di rumah. Dengan prinsip yang mengedepankan penggunaan material dan elemen alami yang ramah lingkungan, gaya ini juga cocok untuk para pecinta lingkungan yang senang bersinggungan dengan alam.

Baca juga: 5 Prinsip Desain Interior Eco Friendly Hemat Budget

6. Gaya Interior Tropis yang Merepresentasikan Kehangatan

interior-tropis
Source: rooang.com

Gaya interior ala luar negeri kadang memang lebih menarik dibandingkan dengan gaya interior dari Nusantara. Namun jangan salah, gaya interior ala Nusantara juga tidak kalah menarik, lho! Salah satu yang sering diaplikasikan oleh para warga Indonesia adalah gaya tropis. Gaya ini memiliki ruang atap yang luas, penataan ruang identik terbuka, dan memiliki banyak tanaman di lingkungan sekitar rumah.

Sesuai namanya, gaya tropis memang didesain untuk beradaptasi dengan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia. Pengoptimalan pencahayaan dan sirkulasi udara alami, ditambah pemanfaatan tanaman hijau akan memberikan nuansa sejuk dan asri. Selain itu, penggunaan elemen alam dan kayu juga akan menambah keindahan sekaligus memberikan kesan yang hangat untuk para penghuninya. Jadi, bisa dipastikan kalau gaya tropis ini cocok untuk orang-orang yang mendambakan kedamaian dan ketenangan.

Nah, itu dia beberapa gaya interior berdasarkan kepribadian. Kira-kira gaya interior apa ya yang sesuai dengan kepribadianmu? Ikut kuisnya yuk untuk cari tahu dengan klik di sini.

1 thought on “Mengenal Gaya Interior Berdasarkan Kepribadian”

  1. Pingback: Membuat Hiasan Dinding dari Seni Makrame Ternyata Mudah | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *