tips-gaya-kontemporer

Desain Gaya Kontemporer yang Up-to-Date

Jika kamu suka dengan gaya – gaya yang biasanya dianggap ‘modern’, berarti kamu suka dengan gaya kontemporer. Walaupun biasanya gaya kontemporer mirip dengan gaya minimalis tetapi sebenarnya berbeda lho. Pada dasarnya gaya kontemporer itu didasari oleh kesederhanaan, kecanggihan yang halus, bermain dengan tekstur dan garis. Berikut adalah aturan utama untuk mendapatkan gaya kontemporer.

Penggunaan Warna

penggunaan-warna
Source: Pinterest

Warna netral, hitam, emas dan putih adalah warna utama yang digunakan dalam gaya ini. Hitam biasanya digunakan untuk menandakan bahwa ini adalah gaya konetmporer. Untuk dinding biasanya digunakan warna netral yang nantinya akan dieperindah dengan dekor dan perabot yang warnaynya lebih berani dan kontras. Jika sebaliknya dinding dicat dengan warna yang berani, lapisan trim dan perabot harus berwarna netral. Perpaduan warna tersebut harus menjadi seni yang modern dan simpel. Seperti gambar di atas di mana perabot dan warna lantai yang sangat netral akan menjadi membosankan bila warna cat tembok juga sama. Karena itu lebih baik jika dicat dengan gradasi warna seperti di atas.

Garis dan Ruang

garis-dan-ruang
Source: Pinterest

Unsur yang paling membedakan di sini adalah permainan terhadap garis, baik garis lurus maupun garis bengkok asalkan jelas terlihat itulah bukti dari gaya kontemporer. Garis – garis tersebut biasanya ditemukan di detail – detail arsitektur seperti pintu, jendela, langit – langit, pajangan dinding dan pahatan. Seperti gambar di atas yang pahatannya terbuat dari kumpulan garis – garis rumit di atas kubus yang simpel. Manfaatkan elemen struktural. Saluran udara yang tergantung dari langit-langit, batu bata yang rusak dapat memberikan tekstur dan stabilitas, dan pipa ledeng yang terbuka. Rak menjadi perabot wajib di gaya kontemporer, selain hemat ruang sangat menonjolkan garis yang kuat. Peletakan buku dan dekorasi pada rak juga jangan sembarangan harus memperhatikan keseimbangan dan proporsi.

Perabot Gaya Kontemporer

Source: Pinterest

Perabot kontemporer biasanya bold, tetapi tetap simpel dan rapih. Bentuk geometris yang halus sangatlah penting. Warna perabot yang digunakan biasanya berwarna hitam putih dan netral, tetapi kalau warna tembok netral carilah warna perabot yang menonjol untuk memberikan kontras. Kaki sofa dan kursi harus terlihat. Trim, pinggiran, renda atau jumbai pada perabot sebaiknya dihilangkan. Jangan menggunakan detail yang berlebihan. Bermainlah dengan ketinggian, ukuran perabot yang berbeda – beda. Carilah perabot yang basic, berani, dan struktural. Padukan antara unsur kayu, kain, logam, kaca dan kulit.

Lantai

Source: Pinterest

Lantai pada gaya ini biasanya halus tidak bertekstur dan simpel, tidak menggunakan banyak tekstur dan corak. Jika harus menggunakan karpet pilihlah yang simpel dan modern. Biasanya memiliki corak bergaris yang artistik, tetapi tidak menonjol. Jika ingin menggunakan marmer carilah yang berbaur dan tidak menonjol seperti gambar di atas. Pilihlah warna karpet yang lebih ke sejuk daripada hangat dengan tekstur yang simpel.

Lampu dan Dekor

Source: Pinterest

Biasanya gaya ini menggunakan lampu tempel yang tidak langsung. Seperti gambar di atas baik cermin maupun warna putih pada sink dan toilet ikut memantulkan cahaya sehingga ruang lebih terang. Begitu juga tekstur batu alam itu selain memantulkan cahaya memberikan sentuhan artistik yang kuat yang di mana permukaan perabot lainnya halus. Kekuatan lampu juga harus dipertimbangkan biasanya lebih kuat dibanding pencahayaan minimalis karena gaya kontemporer menonjolkan satu sisi.

Perpaduan Seni Kontemporer

Source: Pinterest

Tidak hanya interior, kontemporer juga merupakan cabang seni modern yang juga dapat dikombinasikan dengan interior. Seperti gambar di atas yang mungkin menurut sebagian orang lukisan di atas sangatlah buruk, tetapi jika melihat keseluruhan ruangan lukisan itu hidup dan menyeimbangkan ruang tersebut, Begitu juga dekorasi di atas meja yang unik, memang bukan untuk semua orang, tetapi lagi – lagi sangat cocok untuk mengisi ruang di atas. Jika kamu suka dengan interior di atas berarti kamu sudah di jalan yang tepat.

Unsur Lainnya

Source: Pinterest

Selain yang sudah disebutkan di atas, intinya kontemporer itu memadukan kesimpelan suatu garis lekukan dan bentuk dengan warna dan corak yang unik. Hilangkanlah corak berwarna atau corak detail bergambar pada perabot karena akan menghilangkan kesimpelan dan permainan garis yang kuat dari gaya kontemporer itu.

Bereksperimenlah karena gaya ini juga bukanlah gaya yang mudah untuk diterapkan terutama di Indonesia, belum banyak yang memakai konsep ini untuk rumahnya. Demikianlah tips untuk merancang dengan gaya kontemporer dari kami.

Lanjut ke: Tips Gaya Tropis Tahun 2020

1 thought on “Tips Desain Interior Gaya Kontemporer”

  1. Pingback: Tips Gaya Tropis Tahun 2020 | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *