Ruang-Kerja

Tips Ruang Kerja Agar Lebih Semangat “Work From Home”

Ruang Kerja untuk Work From Home

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia, banyak perusahaan akhirnya menerapkan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Tidak dapat dipungkiri kalau sistem work from home ini penuh distraksi dan pada titik tertentu akan membuat jenuh. Oleh karena itu, Seminimal akan berbagi tips agar ruang kerja terasa nyaman untuk work from home.

Memiliki ruang kerja yang nyaman adalah impian semua orang. Ruang kerja yang nyaman juga bisa meningkatkan semangat dan kreativitas saat bekerja sehingga produktivitas lebih maksimal. Lalu, bagaimana cara menciptakan ruang kerja yang nyaman agar lebih semangat work from home? Yuk, simak tips ruang kerja dari Seminimal berikut ini.

1. Siapkan Area Khusus untuk Bekerja

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat ruang kerja yang nyaman adalah menyiapkan area khusus. Ruang Kerja tidak harus berupa sebuah ruangan yang khusus disiapkan untuk bekerja, jadi kamu tidak perlu membuat ruangan baru untuk bekerja di rumah, Kamu bisa menciptakan ruang kerja di area kosong sebuah ruangan atau cukup manfaatkan ruangan-ruangan yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa memilih lokasinya di kamar, di ruang keluarga, atau di sudut ruangan yang menurutmu nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan ruangan yang akan dibuat sebagai ruang kerjamu lebih dulu, ya.

Seperti pada inspirasi di bawah ini, ruang kerja dirancang di sudut ruang keluarga. Meja kerja dan perlengkapan kerja lainnya ditempatkan dengan rapi dengan barang-barang yang tidak terlalu banyak di atas meja untuk kenyamanan.

Lokasi-Ruang-Kerja
Souce: Google

Baca juga: Yuk Intip 10 Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis Yang Nyaman

2. Pengaturan Meja Kerja yang Nyaman

Selain memilih area kosong yang disulap menjadi ruang kerja, usahakan juga untuk menciptakan kenyamanan di ruangan tersebut. Salah satunya dengan mengatur meja kerja yang akan digunakan untuk bekerja.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika mengatur meja kerja. Pastikan ruang pergerakan seefisien dan senyaman mungkin. Sebagai contoh, memudahkan untuk bergerak dari sisi ke sisi, mempunyai akses ruang ekstra untuk berdiri, duduk, dan lain-lain. Selain itu, atur jarak kursi agar tidak terlalu dari meja, sehingga tangan berada pada posisi nyaman (tidak terlalu merentang jauh).

Yang terpenting, jangan biarkan meja kerja yang berantakan karena hal ini akan mempersempit ruang bekerjamu. Buang atau simpan barang-barang yang tidak terpakai. dan sisakan beberapa barang yang penting untuk bekerja. Dengan demikian, meja kerja akan tetap rapi dan kamu bisa bekerja dengan nyaman.

Pengaturan-Meja-Kerja
Source: Google

3. Pemilihan Perabotan Pendukung

Selain memastikan posisi meja kerja yang nyaman, kamu juga perlu pertimbangan dalam memilih perabotan yang akan digunakan untuk mendukung pekerjaanmu. Sebaiknya kamu tidak membeli perabotan yang terlalu besar dan berat. Hal ini akan merepotkan jika sewaktu-waktu kamu ingin merombak ruang kerjamu dan mengaharuskan untuk memindahkan perabotannya. Pilihlah perabotan yang ringan dan simple untuk kesan minimalis.

Kamu juga bisa memilih perabotan yang multifungsi. Misalnya meja makan yang memiliki laci-laci, sehingga bisa dialihfungsikan sementara untuk bekerja. Pertimbangkan untuk memilih meja yang cukup lebar dan tidak terlalu rendah agar posisi ketika bekerja tidak terlalu menunduk. Tinggi kursi juga jangan terlalu rendah demi kenyamanan agar tangan tidak terangkat terlalu tinggi ketika bekerja di atas meja.

Hal lain yang perlu ditambahkan adalah sedikit ruang untuk rak menyimpan buku atau berkas agar lebih tertata rapi. Satu lagi, cobalah pasang lampu kecil atau desk lamp sebagai penerangan, terutama pada malam hari. Lihat inspirasinya di bawah ini, ya.

Pemilihan-Perabotan
Source: Google

4. Posisikan Ruang Kerja Menghadap Jendela

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain memiliki ruang kerja dengan jendela, apalagi jendela yang lebar. Oleh karena itu, posisikan ruang kerjamu untuk menghadap jendela.

Jendela bisa menjadi sumber pencahayaan alami di siang hari sekaligus menjadi sumber aliran udara dalam ruangan. Jadi, kamu bisa menikmati cerahnya cahaya matahari sambil merasakan sejuknya hembusan angin, Ruang kerja yang menghadap jendela juga memiliki keistimewaan lainnya, yaitu menyajikan pemandangan. Ketika merasa jenuh saat bekerja, kamu bisa beristirahaat sejenak sambil menikmati pemandangan di luar. Menyenangkan, bukan?

Ruang-Kerja-Menghadap-Jendela
Source: Google

5. Dekorasi Ruang Kerjamu sesuai Selera

Dekorasi ternyata bisa membantu mood kerja menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memberikan aksen warna favorit di ruang kerja. Kamu juga bisa menambahkan barang-barang favoritmu sebagai penyemangat, seperti frame foto keluarga, foto idola, foto kucing kesayangan, lukisan, atau bahkan artworks buatanmu. Barang-barang tersebut bisa kamu letakkan di atas meja atau dipajang di dinding.

Selain barang-barang favorit, kamu bisa menambahkan tanaman hidup sebagai dekorasi. Carilah tanaman yang cocok di ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Sebagai alternatif lain, kamu bisa meletakkan bunga di dalam vas untuk menambah energi positif saat bekerja,

Tetapi ingat, hindari dekorasi yang berlebihan. Hal ini bisa menjadi distraksi ketika bekerja. Oleh karena itu, pilihlah dekorasi yang ringan saja. Sebagai contoh, kamu bisa melihat inspirasi di bawah ini untuk referensi.

Dekorasi-Ruang-Kerja
Source: Google

Itulah beberapa tips dari Seminimal untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman agar kamu lebih semangat menjalankan work from home. Selamat produktif!

3 thoughts on “Tips Ruang Kerja Agar Lebih Semangat “Work From Home””

  1. Pingback: Membuat Hiasan Dinding dari Seni Makrame Ternyata Mudah | Seminimal

  2. Pingback: Cari Tahu Yuk Warna Cat Dinding Sesuai Zodiak Kamu! | Seminimal

  3. Pingback: 10 Tanaman Hias Indoor Ini Akan Percantik Ruanganmu | Seminimal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *